Selasa, 19 Oktober 2010

Manajement Proyek & Resiko

1.Konsep dasar manajemen proyek meliputi :
- Definisi Proyek
a. Berdasarkan hakekatnya proyek dapat didefinisiskansebagai
" Rangkaian usaha dalamjangka waktu tertentu yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa/pelayanan unik tetentu, dilaksanakan oleh manusia dengan memanfaatkan berbagai sumber daya, melalui rangkaian proses perencanaan, eksekusi, dan kontrol "
b. Proyek memilki jangak waktu tertent, yang berarti bahwa rangkaian aktivitas tersebut memiliki titik mulai dan titik selesai yang pasti (ditargetkan),dan
c. Bersifat unik, yang berarti bahwa tidak ada proyek yang menghasilkan produk atau jasa/ pelayanan yang identik.

- Proyek sistem informasi dan teknologi informasi
a. Memakai bebagai fasilitas dan perlengkapan /bahan mentah (raw materials) yang telah dapat didigitasi semacam teks, gambar, audio, dan video
b. menggantungkan diri pada standard - standard kualitas yang belum baku karena sangant sulit dimengerti dan dipahami bersama antara berbagai pihak yang berkepentingan dalam proyek
c. Mendasarkan proses padarencana atau kontrak kerja yang sangat sulit dikembangkan sehingga tidak terjadi keraguandalam menentukan telah selesainya sebuah proyek atau tidak.

- Manajemen proyek
a. definisi manajemen proyek sebagai berikut;
" Penerapan pengetahuan, kompetensi, keahlian, peralatan, metodologi, dan teknik didalam proses pengelolaan sebuah proyek sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan berbagai pihak yang berkepentingan (stakebolders) dari proyek tersrbut.
b. Biasanya, pemenuhan kepentingan berbagai pihak tersebut berkisar pada hal- hal utama sebagai berikut;
- Aspek-aspek keseimbangan antara kualitas proyek yang diharapkan dengan keterbatasan uang dan waktu.
c. Aspek-aspek mempertemukan kebutuhan/keinginan dan harapan pihak-pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proyek yang kerap kali berbeda dan saliing bertolak belakang

2.karakteristik khusus yang membedakan proyek dari kegiatan rutin lainnya

- Sistem organisasi
- Budaya organisasi
- struktur organisasi
- manajemen dan gaya kepemimpinan

3.yang membedakan proyek teknologi informasi dengan proyek lain pada umumnya

proyek teknologi informasi yaitu;

- Proyek analisa kebutuhan sistem informasi manajemen perusahaan
- proyek perencanaan sistem data bagian akuntansi dan keuangan
- proyek pengembangan perangkat lunak sumber daya manusia
- Proyek implementasi apliaksi siap pakai semacam oracle,SAP,atau microsoft office

proyek lain pada umumnya

- Proyek pengembangan produk-produk baru
- proyek perubahan struktur organisasi perusahaan
- proyek pelatihan manajemen dan karyawanperusahaan
- proyek pengadaan barang kebutuhan disebuah divisi usaha
- proyak konstruksi bangunan kantor cabang.

4. saat ini pemerintah jengah dengan pembangunan jalan yang tata letaknya kurang menyenangkan tuk dilihat dari segi keindahan cukup baik, akan tetapi dari segi keramahan lingkungan maupun segi ketangguhan waktu sangat buruk.
Maka dari itu saat ini pemerintah gencar kepada para departemen pekerjaan umum dalam membangun sarana maupun pra sarana agar lebih di ukur dari segi kelayakan maupun keindahan.
Contohnya jalan yang tahun ini yang katanya akan amblas dikarenakan pengikisan air tanah

YANG MO INFO